Tuesday, July 26, 2016

SERBUK KAMI SUKA (Serai Bubuk Kecantikan Alami dan Sumber Kesehatan)

Serai dapur merupakan salah satu jenis rumput – rumputan yang sudah sejak lama dibudidayakan di Indonesia. Karenanya, jenis ini mempunyai banyak nama daerah, diantaranya ialah sereh, sere, sere gulai, sere sayur, serai dapur dan sebagainya. Nama ilmiahnya ialah Cymbopogon citrates.

Penelitian menunjukkan, daun sereh memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan tersebut berguna khususnya dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Sereh juga diketahui berkhasiat sebagai diuretik, pereda kejang dan antirematik. Beberapa orang percaya bahwa sereh dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti tifus, infeksi kulit, keracunan makanan dan bau badan. Selain itu, kandungan senyawa analgesik pada minyak sereh dapat membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri sendi dan nyeri otot. Bukan hanya itu saja, sereh juga memiliki sifat anti-piretik yang bermanfaat dalam menurunkan panas. Oleh karena itu, sereh sangat baik diberikan untuk orang yang sedang mengalami demam.

Dewasa ini, serai mulai  banyak dimanfaatkan. Namun, masih banyak yang menggunakan serai wangi. Sedangkan untuk pemanfaatan serai dapur hanya Bumbu masak, Minyak wangi dan wewangian lain (lemon scent), Bahan pencampur jamu, Di Eropa digunakan sebagai bahan pembuatan sabun dan lili. Padahal sebenarnya serai dapur juga memiliki manfaat yang sangat banyak. pembuatan SERBUK KAMI  SUKA (Serai Bubuk Kecantikan Alami dan Sumber Kesehatan), kami menggunakan metode penelitian eksperimen. Pembuatan SERBUK KAMI SUKA hanya membutuhkan alat yang sederhana dan semua orang dapat membuatnya. Alat yang dibutuhkan yaitu pisau, blender, saringan, lumping besi, loyang serta bahan baku dari serai dapur.
Dalam pembuatan SERBUK KAMI  SUKA (Serai Bubuk Kecantikan Alami dan Sumber Kesehatan), pertama yaitu menyiapkan serai dapur, kemudian serai dicuci terlebih dahulu agar bersih. Setelah dicuci dikeringkan dibawah panas matahari, setelah kering, disiapkan alat untuk membuat SERBUK KAMI  SUKA  diantaranya pisau, blender, penumbuk, loyang serta penyaring. Saat serai telah kering, serai dipotong kemudian dimasukkan kedalam blender. Setelah itu, hasil potongan dimasukkan ke alat penumbuk untuk ditumbuk sehingga mendapatkan hasil bubuk serai. Serai yang telah selesai ditumbuk kemudian di saring agar mendapatkan bubuk serai. Bubuk serai yang telah selesai diolah kemudian dikemas dengan baik dan diberi label untuk dapat dijual dipasaran.
Dengan produk SERBUK KAMI SUKA dimana berasal dari 100% serai dapur asli yang dijadikan bubuk dan dikemas secara baik, akan mudah untuk digunakan dalam berbagai macam olahan baik masakan maupun minuman tanpa mengurangi dari kandungan serta manfaat serai itu sendiri. Dengan adanya inovasi baru produk ini, diharapkan masyarakat akan lebih sehat sehingga dapat beraktivitas dengan baik. Produk ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal diantaranya Campuran minuman teh untuk menghilangkan demam, Jus untuk proses diet tubuh, Air hangat untuk dioleskan di tubuh sebagai anti nyamuk, Rempah  campuran makanan, Campuran sayur untuk terapi pengobatan, Disedu dengan air hangat biasa untuk dikonsumsi sebagai pengobatan. Untuk membuat produk ini, hanya membutuhkan total biaya pembelian alat sebesar Rp. 411.000.
System pengemasan yang menarik menjadi salah satu daya tarik dari suatu produk juga tidak bisa di hiraukan. Menggunakan aluminium foil sebagai kemasan adalah salah satu cara agar tampilan dapat menarik serta dapat menjaga agar produk tetap terjaga kualitasnya. Setelah sistim pengemasan selesai, yang harus digalakkan yaitu system pemasaran.
Sitem pemasaran yang baik, akan menghasilkan keuntungan yang besar. Dengan produk SERBUK KAMI SUKA, bisa dipastikan akan bisa menembus pasar mancanegara karena seluruh masyarakat dunia telah mengetahui bagaimana kandungan serta manfaat yang ada pada rempa-rempa salah satunya tanaman serai.
Share:

0 komentar:

Post a Comment