FIFGROUP merupakan salah satu anak perusahan Astra International yang fokus pada bisnis pembiayaan. FIFGROUP merupakan salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia. dalam proses bisnisnya, secara garis besar kegiatan di cabang-cabang FIFGROUP dibagi 2 bagian yaitu Marketing dan Operasional. Setiap bagian terdapat departemen-departemen yang memiliki tugas secara spesifik. secara rinci dapat dilihat sebagai berikut:
Marketing
Departemen NMC (New Motor Cycle)
NMC bertugas memasarkan produk sepeda motor Honda baru. NMC memiliki
tugas untuk mencapai target unit booking dengan cara menjalin kerjasama dengan
dealer. Harus memliki kompetensi softskill berupa business sense, customer
orientation dan interpersonal skill. Selain itu juga harus memiliki kompetensi
teknik berupa pengetahuan tentang kebutuhan dealer, pengetahuan tentang produk
dan pengetahuan tentang proses bisnis. Departemen NMC harus memnuhi KPI
marketing officer.
Departemen CMF (Car and Motorcycle Finance)
CMF bertugas memasarkan produk motor bekas dan mobil. Ada 3 jenis
pembiayaan yang dapat dilakukan yaitu berupa New car finance, use car finance
dan Navl Car Finance. CMF memiliki tugas untuk mencapai target unit booking
dengan cara menjalin kerjasama dengan dealer. Harus memliki kompetensi
softskill berupa business sense, customer orientation dan interpersonal skill.
Selain itu juga harus memiliki kompetensi teknik berupa pengetahuan tentang
kebutuhan dealer, pengetahuan tentang produk dan pengetahuan tentang proses
bisnis. Departemen CMF harus memenuhi KPI marketing officer.
Departemen AMF (Astra Multi Finance)(Spektra)
AMF bertugas memasarkan produk-produk elektronik rumah tangga, gadget,
furniture dan lain-lain. AMF memiliki tugas untuk mencapai target unit booking
dengan cara menjalin kerjasama dengan toko elektronik atau showroom seperti
traktor tangan. AMF Harus memliki kompetensi softskill berupa business sense, customer orientation dan
interpersonal skill. Selain itu juga harus memiliki kompetensi teknik berupa
pengetahuan tentang kebutuhan kebutuhan konsumen, pengetahuan tentang produk
dan pengetahuan tentang proses bisnis. Departemen AMF harus memnuhi KPI
marketing officer.
Operational
Kredit
Bertugas untuk melakukan analisa kredit dan
memberikan pertimbangan serta keputusan untuk layak tidaknya customer menerima
kredit dari FIF. Menjalankan KPI diantaranya unit booking, booking quality, bad
account, PO pending, Time service approval dan overdue BPK.
Saya tertarik untuk memilih kredit dan merasa memiliki kemampuan untuk
berada disini. Saya memiliki kedisplinan tinggi, analisis kuat, serta bertindak
cepat dan tepat. Sehingga kemampuan saya akan membantu perusahaan dan customer
untuk dapat menyelesaikan target dan mempercepat penyelesaian administrasi.
CR 1 (Collection)
Bertugas untuk melakukan penagihan pembayaran kredit pada customer.
Penagihan dilakukan melalui telephone dan surat somasi. CR 1 bertugas untuk
menangani customer yang terlambat membayar antara 1-30 hari / C0-C1.
CR 2 (Recovery dan remedial)
Bertugas untu melakkukan penagihan pembayaran kredit pada customer.
Penagihan dilakukan dengan datang langsung ke customer. CR 2 bertugas untuk
menangani customer yang terlambat lebih dari 60 hari (>60 hari). Melakukan
penagihan berdasarkan alur C2-C5 yaitu
menagih untuk pelunasan dan terakhir penarikan barang kredit customer.
RI (Internal Warehouse Management)
RI (IWM) bertugas untuk melakukan pendataan
barang-barang yang ada didalam perusahaan. barang-barang berupa seperti barang
jaminan maupun barang sitaan dari customer. IWM bertugas melakukan pendataan,
penataan (filling unit), melakukan mutasi out, serta melakukan rekondisi pada
barang tarikan yang akan dijual kembali melalui UMC. Memastikan maintanance
unit tarikan sesuai SOP.
0 komentar:
Post a Comment